[Resensi Buku] Yuk, Berhijab!


Yuk berhijab merupakan buku ilustrasi antara pemateri Ust. Felix Siauw dan ilustrator Emeralda Noor Achni. Seperti yang terlihat dari judul bukunya, materi dalam buku ini berisi anjuran bagi muslimah untuk berhijab sesuai perintah Allah SWT dan sesuai dengan kriteria berhijab yang syar'i.



Trend berhijab sudah berkembang dan memang sudah banyak yang menjalankannya. Tapi kebanyakan muslimah masih sebatas mengenakan kerudung sebagai penutup kepala. Masih banyak yang perlu diperbaiki. Jilbab yang tidak menutupi dada, hijab yang terlalu banyak bergaya dengan tutorial atau hijab yang terlalu banyak model sehingga mungkin mendekati tabarruj. Padahal berhijab yang diperintahkan Allah SWT adalah yang sederhana.



Meski fokus utamanya adalah ajakan untuk berhijab, buku ini juga menerangkan bagaimana Islam memuliakan perempuan dengan perintah berjilbab, menjaga kehormatan dan supaya tetap berada dalam jalur yang sesuai kodratnya sebagai perempuan, istri dan ibu. Penerangan ini memberikan pemahaman bahwa perintah-perintah Allah SWT untuk muslimah adalah sebagai bentuk penjagaan dan pemuliaan. Bukan sebagai pengekangan seperti yang selama ini banyak orang pikirkan.


Bahasa yang digunakan dalam buku ini ringan dan mudah dipahami. Diiringi ilustrasi bergambar seorang tokoh perempuan bernama benefiko dan ada juga ilustrasi Ust. Felix Siauw yang seolah mengobrol dengan pembaca dan terkadang lucu.

Menurut saya buku ini cocok bagi muslimah yang ingin memperbaiki diri untuk mulai berhijab atau bagi yang sudah berjilbab dan ingin menyempurnakannya tanpa akan merasa ditakut-takuti dengan dalil-dalil yang ada tentang hijab.

No comments:

Powered by Blogger.