Dear, Parents



Kalian merasa nggak, semakin dewasa kita semakin sayang ke orang tua? Merasa banyak salah ke mereka dan benar-benar menyadari bahwa apapun yang kita lakukan untuk berbakti kepada kedua orang tua kita tidak akan bisa membalas jasa dan kasih sayang mereka selama ini. Karena bahkan sampai kita dewasa pun, rasa sayang mereka akan terus tercurah dan takkan pernah berkurang.

Duh kok jadi mellow begini ya? Hehe

Entahlah.

Semenjak harus pisah dari orang tua, yang sering saya ingat adalah bagaimana kehidupan saya selama bersama mereka. Apa yang biasa saya lakukan di rumah, apa yang saya lakukan bersama mereka, interaksi seperti apa yang selama ini terjalin antara saya dan orang tua. Dan dari semua itu, saya merasa apa yang sudah saya lakukan terhadap mereka masih banyak kurang dan salahnya. Rasanya, apapun yang saya lakukan untuk membahagiakan mereka saat ini tidak akan bisa membayar segala yang sudah mereka berikan kepada saya.

Bagaimanapun, sebagai anak ada saja hal yang saya rasakan kurang mereka berikan. Ketika uang jajan saya tidak lebih besar dari teman-teman, ketika saya tidak dibelikan mainan, ketika saya harus menabung sendiri untuk membeli sesuatu yang saya inginkan, dan lain-lain. Mungkin itu semua bukan murni kemauan mereka. Tentu saja, orang tua mana yang tidak mau membahagiakan anaknya? Tetapi terkadang mereka juga harus menghadapi keterbatasan keadaan.


Tetapi, saya mengerti. Bahwa keadaan itulah yang membentuk saya seperti saat ini. Lebih menghargai apa yang saya punya, berusaha untuk mengusahakan apa yang saya inginkan, dan dapat bersyukur atas apa yang berhasil didapatkan serta mengikhlaskan apa yang memang bukan menjadi milik kita.

Jadi, sebagai anak, apa yang bisa kita lakukan untuk membalas jasa mereka?

Jadilah anak yang sholeh/sholehah. Mereka tidak butuh anak yang kaya raya, pintar, sukses, dan lain-lain. Well, itu mungkin bisa sedikit menyenangkan mereka di dunia. Tetapi yang mereka lebih butuhkan adalah do’a kita untuk mereka sebagai anak yang sholeh/sholehah. Ingatlah, bahwa hidup kita selama ini mungkin saja apa yang mereka do’akan untuk kita, bahkan sebelum kita hadir ke dunia mereka sudah menabung do’a untuk kehidupan kita.


Selama orang tua kita masih hidup, bahagiakan mereka dengan bersikap baik, berusaha memanjakan mereka. Berikan apa yang mereka inginkan bahkan sebelum mereka memintanya. Berusahalah untuk peka terhadap apa yang mereka butuhkan.


Memang, kesuksesan dalam hal duniawi adalah hal yang dapat dibanggakan, tetapi amal kita dalam hal akhirat lah yang satu-satunya dapat menyelamatkan.


No comments:

Powered by Blogger.