Setelah Kesulitan Ada Kemudahan

Apa yang membuatmu mampu bertahan melewati berbagai kesulitan?


Setiap hari mungkin ada saja kesulitan yang kita hadapi baik besar ataupun kecil. Tetapi apapun bentuk kesulitannya, semoga semua akan menjadi lebih baik pada waktunya. Kita tidak pernah tau akan masa depan, tetapi kita harus percaya bahwa Allah selalu bersama kita.

Apa yang terjadi sudah tertulis, maka sebenarnya kita hanya tinggal menjalaninya saja tetapi tetap sambil berusaha. Karena apa yang kita alami adalah atas beberapa faktor termasuk apa yang kita usahakan.

Setiap kesulitan pasti ada kemudahan setelahnya. Seperti dalam surat Al-Insyirah Allah berfirman:

Ayat tersebut diulang sebanyak dua kali yang mana merupakan penguatan pernyataan bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan.

Dan hal yang menarik dalam ayat ini adalah kata "fa inna ma'al 'usri yusro"

Dalam kata al usri yang berarti kesulitan, partikel "al" ditambahkan. Yang dalam konteks bahasa Arabnya mirip dengan partikel "the" dalam bahasa Inggris yang menunjukkan jumlah tunggal seperti the moon, the star, the earth sementara dalam kata yusro tidak ada partikel al.

Jika ditelaah lebih dalam kata al usri berarti satu kesulitan dan yusro yang tidak ada artikel al bisa diartikan tidak berbatas atau sangat luas dan tak terhingga. Maka, Maha Besar Allah yang berfirman jika kita ditimpa satu kesulitan maka akan datang kemudahan yang tak terhingga. Maa syaa Allah..

Berarti jelas dalam Al-Qur'an bahwa setelah diterpa satu kesulitan, jika kita sabar, ikhlas, dan ridho menjalaninya maka Allah Subhanahuwata'ala akan melimpahkan banyak kemudahan dan kebaikan yang tak berbatas. In syaa Allah..

❗Pemaknaan tentang ada tidaknya partikel al dalam kata al usri dan yusro saya dapatkan ketika menghadiri satu kajian beberapa tahun lalu yang sayangnya saya lupa siapa penceramahnya. Namun qadarullah materi ini masih saya ingat dan ingin saya bagikan.

Wallahu 'alam bishowab.

Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menjadi amal jariyah saya kelak. Amiin yaa robbal 'alamiin..

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

No comments:

Powered by Blogger.