Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini


NKCTHI memulai ceritanya melalui instagram. Di sana, akun ini rajin berinteraksi dengan followersnya sehingga banyak yang merasakan adanya ikatan antara satu sama lainnya.

Hampir setiap malam ia bertanya "cerita apa kita malam ini?" untuk menentukan apa yang akan mereka bahas malam itu. Lalu, followers pun membalas dengan menceritakan pengalaman atau perasaan mereka.

Kak @marchellafp sebagai pemilik dan yang menjalankan akun tersebut kemudian membagikan balasan-balasan dari followers (netizen) dengan sesekali menambahkan komentar singkat tentang hal yang diceritakan. Di akhir, akan ada kesimpulan/motivasi/saran yang disampaikan.

Kata-kata akhir ini biasanya yang akan dibuat ilustrasi dan dipost di feed @nkcthi

Kata-kata singkat dan sederhana yang justru terasa mengena ke kehidupan nyata. Ini yang mampu menarik massa karena banyak yang merasa senasib dan serasa ikut disemangati dengan motivasi yang diberikan.


Begitu saya membaca bukunya, hhmm tidak sampai menangis seperti yang banyak reviewersnya katakan, tapi saya dapat merasakan buku ini seolah berkata dengan lembut dan menenangkan bahwa apapun yang kita hadapi dalam hidup, pada akhirnya semua akan baik-baik saja. Lagipula kata kak Marchella sendiri, buku ini bukan buku duka yang dimaksudkan untuk membuat pembacanya menangis. Jadi, kalau kamu tidak menangis ketika atau setelah membaca ini, bukan berarti hatimu membatu. Hehe..

Selain itu, saya merasa ada beberapa rangkaian kata yang kurang pas rima nya. Mungkin memang sedari awal tidak dimaksudkan berima karena ini bukanlah buku kumpulan puisi, tetapi dengan pemilihan kata yang tepat saya rasa akan lebih bagus kalau disesuaikan rima nya juga.

Banyak teman saya yang cukup penasaran dan bertanya tentang buku ini. Ketika ada yang menanyakan "seru nggak?" hhmm.. Kalau "seru" mungkin tidak. Karena menurut saya lebih seru instagramnya. Di sana kita bisa membaca pengalaman dan mengetahui bagaimana perasaan orang-orang tentang suatu topik yang sedang dibicarakan. Tapi, ketika ada yang tanya "bagus nggak?" itu relatif. Buat saya cukup bagus.

Ada beberapa komentar yang disampaikan netizen dan dibagikan oleh kak Marchella. Ada yang mengatakan bukunya "B" aja. Ada yang mengatakan bahwa bukunya terlalu mahal padahal isinya hanya gambar-gambar dan tulisan pendek. Well, ini adalah buku ilustrasi, bukan novel. Maka yang ditonjolkan adalah aspek visual berupa gambar. Oiya, saya juga menyukai tema gambarnya yang seperti gambar anak-anak dengan krayon.

Ada yang mengira cerita-cerita di instagram akan dimasukkan ke buku atau paling tidak dibuat versi fiksinya. Terhadap komentar yang terakhir, saya suka jawaban kak Marchella; "saya nggak tega menjadikan cerita-cerita orang lain untuk dikomersilkan" jawaban itu menunjukkan bahwa kak Marchella sangat menghargai followersnya. Ia tidak mau memanfaatkan cerita dan kisah hidup yang diceritakan followersmya sebagai jalannya mencari keuntungan. Salute!

Secara keseluruhan, saya suka buku ini. Meski ada yang kurang memenuhi ekspektasi saya, tapi saya tidak menyesal membeli buku ini. Saya menikmatinya dengan tenang. Tidak dengan menangis berlinang air mata. Pesan-pesannya pun tersampaikan. Terima kasih kak Marchella dan tim NKCTHI

No comments:

Powered by Blogger.