Belajar Mentadabburi Al-Qur'an



Tadabbur Al-Qur'an berarti memahami isi bacaan Qur'an. Minimal arti perkatanya yang familiar di telinga.

Pernah ga sih kita menemukan kata yang familiar di telinga ketika kita membaca Al-Qur'an, misalnya wal ard(i) yang artinya bumi atau As-syams yang artinya matahari.



Akhir-akhir ini aku juga sedang belajar mentadabburi Al-Qur'an. Dimulai dr surat-surat pendek. Aku baca ayatnya dan kupahami artinya. Lalu aku hubungkan dengan bacaan sholat. Misalnya aku membaca surat Al-Ma'un dan Al-Humazah untuk sholat taubat karena dalam surat Al-Ma'un ada cerita tentang kelalaian sholat, jadi aku pikir surat ini cocok dibaca untuk sholat taubat, kalau-kalau ada kelalaian dalam sholatku.



Sementara dalam surat Al-Humazah ada cerita tentang orang yang mengumpat (mengata-ngatai orang) atau menggunjing (membicarakan keburukan orang lain) maka aku bermaksud memohon ampun kalau aku ada khilaf membicarakan orang lain atau mengumpat.




Begitupun dalam sholat hajat misalnya. Dalam sholat hajat kita minta dilancarkan apa yang kita inginkan untuk terkabul. Nah, dalam sholat hajat aku baca surat An-Nasr karena dalam surat An-Nasr dikatakan ada pertolongan Allah dan kemenangan. Jadi aku harap Allah menolongku untuk mengabulkan hajat-hajatku (keinginanku).

Mentadabburi Al-Qur'an juga bisa membuat kita lebih khusyuk dalam sholat. Jadi ketika kita sholat kita paham apa yang kita baca dan pikiran juga tidak berkeliaran ke mana-mana.

Semoga dengan mentadabburi Al-Qur'an sholat kita lebih besar pahalanya dan diterima Allah Subhanahuwata'ala. Aamiin yaa Robbal'alamiin..

Semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh 💕

No comments:

Powered by Blogger.