Rangkuman Kajian "Rezekimu Sudah Ada yang Mengatur"


Banyak orang bersedekah tetapi lupa bersyukur akan nikmat Allah seperti bisa masuk ke rumah Allah. Jika kita bisa masuk ke rumah Allah semisak mencaro ilmu, belajar dan menambah iman maka kita wajib bersyukur karena itu merupakan sebuah nikmat.

“Jika kamu bersyukur pasti akan Kutambah (nikmat-Ku) untukmu, dan bila kamu kufur, maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS. Ibrahim [14]: 7).

Manusia itu makhluk yang lemah maka itu manusia diperintahkan untuk selalu meminta pertolongan dan perlindungan dari Allah terutama di waktu pagi dan petang sebagai pembuka dan penutup hari.

ALLOHUMMA BIKA ASH-BAHNAA WA BIKA AMSAYNAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAN NUSYUUR.
Artinya:
“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan bagi semua makhluk.”

ALLOHUMMA BIKA AMSAYNAA WA BIKA ASH-BAHNAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAL MASHIIR.
Artinya:
“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi. Dengan rahmat dan pertolonganMu kami hidup dan dengan kehendakMu kami mati. Dan kepada-Mu tempat kembali (bagi semua makhluk).”


Ilmu manusia merupakan bottom up yang artinya berdasarkan pengetahuan akal manusia saja tanpa mekibatkan Tuhan. Sementara ilmu Allah merupakan up bottom yang berasal dari Allah menjadi pengetahuan dan ilmu manusia.

Kita tidak bisa menandingi ilmu Allah yang luas, yang seperti butiran pasir di pantai, yang bagai butiran debu di dunia, yang bagai air di laautan.

Ilmu Allah itu luas. Allah Maha Tahu segalanya. Tidak ada manusia yang bisa mendapatkan ilmu Allah dengan merasa tinggi, kita harus merasa lemah dan rendah untuk mendapatkan ilmu Allah terlepas dari apa yang kita punya.

Kita juga harus memperbaiki hatibdan akhlak, jika hati kita kotor maka kita gagal mencari ilmu. Akhlak yang harus dihindari adalah sombong karena dunia dan membanggakan keberhasilannya. Selain itu juga adab di atas ilmu, jika kita berilmu tanpa beradab maka ilmu itu sia-sia.

Wallahu a'lam bishowab..

No comments:

Powered by Blogger.