Membuat Selai Srikaya di Rumah

papermoonpages


Apakah kamu suka mencoba resep yang ada di internet?

 

Terkadang aku suka penasaran resep suatu makanan yang aku suka terus cari resepnya dan aku coba buat sendiri di rumah. Kali ini aku nyobain resep selai Srikaya atau Kaya Jam. Herannya, waktu aku cari resepnya di internet ternyata selai ini nggak pakai buah Srikaya sama sekali, loh. Ini aku share sc resepnya ya… Sumber dari greedyzombie.com


  


Dan ini hasil jadi selai Srikaya dari resep tersebut. Sebenarnya hasil jadinya lebih dari ini ya. sekitar setengah panci teflon ukuran sedang tapi demi bagus di foto, aku masukkan sebagian ke cup kaca bekas tempat madu Ajwad ini. Hehe..




Ulasan Hasil Akhir Selai


  • Buat aku yang nggak terlalu suka manis, takaran gula 200 g Gula pasir ditambah 65 g Gula pasir yang dibuat karamel itu membuat selai ini terlalu manis. 
  • Daun pandan yang hanya 2 lembar dibanding 4 butir telur yang digunakan membuat selai ini masih sedikit berbau amis.
  • Di beberapa resep lainnya aku sempat melihat bahwa yang digunakan hanya kuning telurnya saja tapi di resep ini kuning dan putih telur digunakan semua sehingga membuat warnanya kurang kuning melainkan kuning pucat.
  • Gula karamel yang ditambahkan di akhir pada adonan utama membuat selai Srikaya ini menjadi berwarna agak kecoklatan dan terlalu manis.

Karena rasanya yang terlalu manis buatku, selainya aku oleskan pada roti tawar tipis-tipis. Secara keseluruhan aku suka resepnya. Bahannya simpel dan mudah dibuat, hanya takarannya saja yang kurang sesuai seleraku. Di lain waktu aku mau coba lagi buat selai Srikaya ini dengan bahan dan cara yang sama hanya takarannya saja yang berbeda termasuk takaran gula yang akan aku kurangi, tentunya. Tunggu update post tentang selai Srikaya ini nanti yaaa.. Setelah selai yang ini habis maksudku. Hehe.. 















 

No comments:

Powered by Blogger.