Berkahnya Sedekah




Sebenarnya sudah pernah lihat vt ini sebelumnya. Tapi pas liat lagi, masih terharu juga, ternyata. Gimana baiknya Allah, dan nyata firmanNya ttg balasan terhadap orang2 yg gemar bersedekah terutama di kala sempit.





Di saat kita yakin urusan kita ada Allah yg mengurus, selama kita yakin sama Allah, pasti ada aja jalannya.

Masih ingat bapak penjual jeruk di Mesir yg melemparkan dagangannya ke truk pengangkut bantuan ke Gaza? Dibalas tunai berangkat Haji tahun ini.



Kita mungkin nggak nyangka akan dibalas seperti apa kebaikan kita sama Allah. Kalau tidak di dunia, In syaa Allah di akhirat. Tapi kalaupun di dunia kita sudah mendapatkan balasan, maka bersyukurlah. Bisa jadi balasan yang akan kita terima double. Dunia dan akhirat. Kalaupun belum dibalas di dunia, seharusnya lebih bersyukur lagi, karena sebaik-baik balasan adalah balasan akhirat yang kenikmatannya berlimpah beserta keberkahannya. Juga kekal balasannya. Jadi, sama sekali nggak ada yang rugi namanya bersedekah di jalan Allah.


Lalu, si bapak ini malah lebih-lebih lagi balasannya. Ia bersedekah, lalu dibalas sama Allah diundang ke rumahNya, di dunia, dibalasnya dengan hal yang berhubungan sama akhirat juga, lalu, di akhirat nanti ia masih akan dapat balasan lagi. In syaa Allah. Triple ga tuh! Maa syaa Allah..


Personally, akupun pernah bahkan sering merasakan. Suka diniatkan keuntungan usaha yang aku dapat buat aku sedekahkan. Pernah suatu waktu, masih di tahun ini, profit usahaku selama sebulan aku sedekahkan semuanya. Di bulan berikutnya profitku naik 2x lipat.

Allah ga pernah maksa kita pertaruhkan semua untukNya. Usaha, ambil dan gunakan secukupnya untuk kebutuhan kita. Tapi ketika kita usahakan untuk melakukan apa yang Allah sukai, seperti bersedekah di jalanNya, Allah akan membantu kita lebih dari yang kita harapkan.

Aku pernah cerita, apapun hal baik yg terjadi sama aku suka aku kaitkan atas apa yg mungkin sudah aku lakukan. Bukan karena perhitungan atau merasa jumawa "oh aku dapat ini karena sudah melakukan ini" Bukan. Itu sombong namanya. Naudzubillahimindzaalik.. Padahal Allah udah terlalu baik memberikan segala nikmat yang bahkan ga kita minta.

Aku menerapkan itu supaya aku terus-terusan ingin berbuat baik, menambah amalan, atau hal lainnya yang bikin Allah senang. Supaya aku ketagihan. Karena aku percaya kalau Allah senang dan sayang sama kita Allah akan mudahkan hidup kita, mewujudkan hajat-hajat kita, melindungi kita dari marabahaya. Segalanya. Bahkan mungkin untuk hal yang nggak terpikirkan oleh kita.

Kita sebagai manusia juga senang kan kalau ada orang yg baik sama kita. Kita ingin membalas kebaikan orang tsb tanpa mereka minta. Apalagi Allah yang Maha Pemberi.

Kadang kita sendiri aja bingung sama apa yg kita butuhkan. Kadang kita minta sesuatu yang ternyata itu nggak baik tapi ga Allah kabulkan sebagai perlindungan. Allah memang Maha Tahu, karena Ia yang menciptakan kita, udah pasti paham betul karakteristik kita.

Ustadz Khalid pernah bilang, coba, untuk bersedekah tanpa liat nominal. Pasrah aja sedekah seberapapun tanpa mikir ini nanti gimana digantinya sama Allah. In syaa Allah balasannya ga akan kita sangka.

Tapi, buatku pribadi, jangan menganggap atau berharap balasan sedekah materi dibalas materi. Seperti banyak amalan yg dianggap sedekah, balasannya pun konteksnya luas. Ingat bahwa harta adalah rezeki yang paling rendah tingkatannya dan hidayah adalah rezeki yang paling mahal. Harta, materi, tahta, di mata Allah itu hal remeh, kecil. Bisa Allah kasih kapanpun, seberapapun. Tapi hidayah, ga semua orang punya privilege.

Paman Nabi aja, walaupun ia mendukung dakwah Nabi, sampai akhir hayatnya tidak masuk Islam. Rasulullah pun sampai nangis, karena beliau memang sayang banget sama pamannya itu, pamannya pun sayang banget sama beliau.

Jadi, kalau kamu sudah dapat hidayah, sudah ditawari hidayah tapi nggak diambil. Kamu sombong.

Kalau kamu pernah merasa ingin melakukan ibadah yg belum atau mungkin jarang kamu lakukan, segera lakukan. Nggak usah kebanyakan mikir, takut dianggap gimana2 apalagi kalau sampai orang tau. Gausah baper kalau ada yg nyeletuk "tumbeeen". Lanjut aja. Bisa jadi itu hidayah Allah untukmu. Segera jemput sebelum Allah cabut.

Wallahu a'lam bisshowab 🙏
26.8.24 8.32 pm




No comments:

Powered by Blogger.